CARA MEMPERBAIKI PROJECTOR YANG ADA GAMBAR BAYANGAN HITAM PADA DISPLAY CARA MEMPERBAIKI PROJECTOR YANG ADA GAMBAR BAYANGAN HITAM PADA DISPLAY http://goldenvisual.blogspot.com

Monday, April 16, 2012

CARA MEMPERBAIKI PROJECTOR YANG ADA GAMBAR BAYANGAN HITAM PADA DISPLAY

Light Tunnel  Infocus, Jual Light Tunnel Toshiba, Light Tunnel Acer, Light Tunnel Infocus, Light Tunnel Hitachi, Light Tunnel Benq, Light Tunnel Viewsonic, Light Tnnel Optoma, Light Tunnel Proxima

Kali ini GOLDEN VISUAL sebagai LCD PROJECTOR SERVICE CENTER di Medan akan membahas tentang "Cara Memperbaiki Projector yang ada Bayangan Hitam Pada Display" Hal ini sudah sering terjadi yang pada umumnya pada DLP Projector, Dimana kasus ini terjadi disebabkan oleh Light Tunnel pada DLP Projector sudah keropos atau Light Tunnel sudah bergeser, Kasus ini banyak menimpa Pada DLP Projector BENQ, Projector TOSHIBA, Projector ACER dan sebagian Projector INFOCUS.

Penyebab kedua dari kasus ini adalah kurangnya maintenance pada unit Projector atau sering disebut COH-Cleaning Overhaul. Umumnya pada kasus Perbaikan Projector ini dilakukan dengan cara membersihkan Light Tunnel Pada DLP Projector / DLP Proyektor.

Repair dan Modifikasi Light Tunnel pada DLP Projector dengan sedikit keahlian modifikasi yang sudah barang tentu harus dimiliki oleh seorang engineer yang handal dalam Service Lcd Projector.

Light Tunnel Benq, Jual Light Tunnel Toshiba, Light Tunnel Acer, Light Tunnel Infocus, Light Tunnel Hitachi, Light Tunnel Benq, Light Tunnel Viewsonic, Light Tnnel Optoma, Light Tunnel Proxima
Pada gambar di atas kita lihat posisi light tunnel pada No.31 dan 30a

Light Tunnel Alignment harus diperhatikan jangan sempat terjadi kesalahan pada reposisi Light Tunnel, yang akan menyebabkan bertambah rusaknya Light Tunnel pada Projector.
Jikalau hal di atas sudah dilakukan, sudah barang tentu sudah benar jika dilakukan dengan benar, Golden Visual sebagai Projector Service Center banyak menemukan bahwa cara pengerjaan diatas sudah dilakukan dengan benar akan tetapi bayangan hitam pada dlp projector belum hilang bahkan bertambah parah.

Jika sudah mentok, maka kita perlu mengganti Light Tunnel tersebut dengan harga pasaran yang lumayan mahal seperti Light Tunnel Toshiba, Light Tunnel Acer, Light Tunnel Infocus, Light Tunnel Hitachi, Light Tunnel Benq, Light Tunnel Viewsonic, Light Tnnel Optoma, Light Tunnel Proxima.

Hal itu juga belum bisa membantu anda sebagai teknisi, kita cari solusi lain dengan pengecekan Lensa pada projector dengan mereposisikan kembali lensa sesuai dengan penempatannya.
Light Tunnel Toshiba, Jual Light Tunnel Toshiba, Light Tunnel Acer, Light Tunnel Infocus, Light Tunnel Hitachi, Light Tunnel Benq, Light Tunnel Viewsonic, Light Tnnel Optoma, Light Tunnel ProximaJua

Cara kedua yang harus diperhatikan adalah dengan mencek dan reposisi lensa (concav & covex) lens pada unit projector. Service Projector seperti ini bisa dikategorikan dengan kasus yang agak rumit dan perlu kesabaran yang mendalam dalam setting Aligment suatu komponen unit DLP Projector.

Lens Reposition-Aligment memakan waktu dan kesabaran yang cukup, jadi sudah barang tentu pengerjaan dalam service projector dikategorikan dalam pengerjaan yang Gampang2 Susah dalam analisanya, Apalagi banyak teknisi yang hanya bisa analisa tapi belum barang tentu bisa dalam pengerjaan yang rapi untuk service lcd projector atau service proyektor.

GOLDEN VISUAL siap membantu anda dalam mengatasi hal kerusakan projector diatas dengan engineer yang sudah berpengalaman di bidang LCD Projector maupun DLP Projector.

Apapun KERUSAKAN PROJECTOR ANDA SERVICENYA TETAP DI GOLDEN VISUAL sebagai Projector Service Center di Medan

salam,
Golden Visual - SPV. ENGIEER
 

45 comments:

Fajar345 said...

Info bagus neh sob, klw udah punya prokyektor bisa sering maen kesini nanti :)

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

thanks sob atas commentnya, jangan ragu untuk mencoba dan hbungi kami jika ada masalah dalam kerusakan projector, kami siap bantu,,

Anonymous said...

Sob, ane punya projector infocus type T160.
Masalah nya ketika projector di hidupin, 5 menit kemudian kipas nya berputar sangat kencang & lampu TEMP menyala & shut down.Padahal projector nya tidak terlalu panas.. Kira2 permasalahan ada d'mna ya sob?


Thanks..

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

OK langsung kr TKP sob

Untuk masalah yang satu ini sangat gampang bro..
Temperature dlm unit projector telah diatur oleh FAN SENSOR untuk masing2 fan (Inlet & Exhaust) cek fan sensor pd unit projector, cara kedua lihat penutup filter udara jangan sampai longgar, jika longgar harap ditutup rapat kembali, ketiga jika fan sensor sdh di repair tp kagak normal juga berarrti fan anda sdh error n perlu di repair,,
Sekedar info sob, fan projector tidak sama dgn fan pd CPU atau sejenisnya
Harga fan projector di pasaran bisa mencapai 100rb - 750rb,,ga usah ambil resiko dalam repair fan atau sensor, Serahkan saja pd yg berpengalaman tentang projector di kota anda, salah sedikit fatal akibatnya,,,

Kita bs bantu sob tuk ngatasi masalah ini,,,
salam...

Anonymous said...

kalau servicenya dimana ya. . .
fajarlup@yahoo.com

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

GOLDEN VISUAL PROJECTOR

Jl. Mawar Raya No.153-A

Helvetia - Medan

Sumatra Utara 20124

Anonymous said...

Sob, LCD Proyektorku ada bayangan hijau di tengah layar. Kerusakan'a d'mana n brp biaya'a ?

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

analisa sementara untuk kerusaka LCD Projector terletak pada LCD Panel (BLUE Panel) sudah kering atau polarized pada blue panel sudah keropos,,,
Ada 2 cara perbaikan yaitu
1. Cleaning Overhaul: yaitu cleaning semua engine lcd projector, tetapi tidak mengembalikan tingkat warna atau menghilangkan warna 100%
2. Untuk hasil yang maksimal dapat dilakukan dengan mengganti polarized BLUE panel in & Out

Kita bisa bantu sob,,atau anda bisa coba repair di rumah
Best Regards,

Anonymous said...

Misi Sob, Ma nanya nih sob, tempat krj ane ada Projector Acer semua norma nyalan hanya Lampu LCD projector ga nyala itu kenapa ya Sob? Mohon Pencerahanya.

Regards,

Anonymous said...

mau tanya nihh..
LCD proyektor waktu dinyalakan cm bergaris2 ja, ga bisa konek ma komp, kira2 kena apa ya..
makasih..

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

Langsung ke TKP

permasalahan ada garis pada display disebabkan oleh:
1. Kabel RGB VGA kurang konek
2. trouble pada Main PCI, VGA connection, IC board pada mainboard

coba ganti VGA cable dengan yang lain atau yang lebih bagus, mudah-mudahan bisa..

Atau klw masih trouble, kita bisa bantu untuk service (FREE biaya analisa kerusakan)

CALL:
GOLDEN VISUAL PROJECTOR
JL. Mawar Raya No.153-A
Perumahan Helvetia
Medan
Telp: 061-75019693
HP : 081373105258 - 081361114147

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

Untuk Masalah ACER dengan lampu yang tidak menyala...
1. POWER BALLAST (Power Supply Untuk menghidupkan LAMPU)mengalami kerusakan, sehingga supply power ke lampu tidak maksimal

2. LAmpu rusak, berkabut, retak, reflektor sudah keropos, DLL..kita bisa cek kondisi lampu dengan menggunakan LAMP PROJECTOR TESTER

jangan segan menghubungi kami:
GOLDEN VISUAL PROJECTOR
JL. Mawar Raya No.153-A
Perumahan Helvetia
Medan
Telp: 061-75019693
HP : 081373105258 - 081361114147

Anonymous said...

Salam,
sy punya benq mx501, kl dinyalakan kira-kira 2detik mati sendiri dan tidak bs langsung dinyalakan lagi (tidak ada indikator power), baru kira2 10menit dinyalakan lagi bisa tp tetap kira2 20detik mati lagi. Bisa tolong dibantu info kerusakannya. Terima kasih.

Yoez MrNox said...

salam....
nanya bos, gimana cara pembelian sparepart nya seperti DMD, lampu dll, posisi di kal-bar jd gak mungkin mo sevice ke Medan jauh banget bos...Thx..

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

Masalah Untuk BENQ MX501 trouble pada POWER SUPPLY

Cek power Supply, terutama Part IC TOP (saya lupa seri IC TOPNYA)

ganti dengan yang Original biar tahan lama

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

@ MANYUNTEK

Pemesanan barang Part bisa dilakukan pengiriman ke Kalimantan Barat dengan TIKI/JNE dengan catatan SHIPPING FEE ditangggung BUYER

KOnfirmasi order bisa melalui:
T: 061-75019693
F: 061-80025703
E: golden_visual@yahoo.com
M: 0813 7310 5258 / 0813 6111 4147

Transfer T/T Acc. No. bisa dilihat di BLOG

Anonymous said...

Mau nanya saya punya projector infocus in105
lampu indikator lamp nya nyala klo di idupin dan projector nya ga nembak ke layar.. apa lampunya uda minta ganti atau power supply nya yg rusak ya kira"?
Tq...

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

Untuk masalah Infocus IN105 trouble pada POWER SUPPLY

Cek kondisi power supply (IC and komponen lain) siapa tau ada yang pecah, retak, solderan kurang bagus.

Kita bisa bantu repair paower supply, jangan segan menghubungi kami.

Anonymous said...

Saya pernah dengar kl proyektor type LCD setelah pemakaian 1000 jam keatas gambar akan kekuningan. benarkah ? truz gmn pencegahannya ?

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

Untuk y type LCD Projector dengan menggunakan LCD PANEL sebagai color system tidak akan kekuningan seperti pada kasus di atas..

Penyebab display kekuningan itu disebabkan tidak adanya maintenance dari user seperti Cleaning Overhaul Engine pada projector.

Pencegahan pada kasus di atas dapat dilakukan dengan PEMBERSIHAN Debu2 yang ada pada engine Projector.

Lakukan dengan Hati-hati pembersihan debu tersebut.

kekuningan itu disebabkan oleh debu2 yang menempel pada LCD PANEL CONNECTOR sehingga impuls sensor terhambat atau tidak bekerja secara maksimal.

SEKIAN....info lengkap bisa menghubungi kami untuk konsultasi...

Unknown said...

gan ada kamera digital rusak merek kodak easyshare z981
http://store.kodak.com/store/ekconsus/en_US/pd/ThemeID.3925700/Z981_Digital_Camera/productID.169236500
bisa di perbaiki gan

Anonymous said...

mau nanya,
bisakah exhaust fan Acer seri X 1130 di perbaiki? mengingat mau ganti kok harga yg sangat mahal

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

exhaust Fan ACER X1130 tidak bisa direpair, krn terdapat sensor suhu udara,,,besihkan aja sensor suhu udara pada fan...

hendro sakti said...

kk,.mau nanya aq punya 2 projektor tosiba ama panasonickerusakannya sma, saat dinyalakan normal sih cuman selang 15 detik lalu stanby,.. masa aq harus beli lagi sih, MOHON PENCERAHANNYA KK...

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

@hendro sakti:

Untuk masalah ini dalam service lcd proyektor dinamakan PREMATURE, dimana unit proyektor nyala bentar langsung mati.

solusi perbaikan proyektor toshiba dan panasonic bisa dilakukan dengan:
1. cek power supply dan ballast, siapa tahu ada komponen IC yang bermasalah atau terbakar dan pecah
2. cek lampu proyektor: kondisi, fisik, reflektor..

kita bisa bantu cek dan service projector toshiba dengan harga terjankau..

sekian

Anonymous said...

saya punya projektor benq seri mx 501 IC regulatornya untuk tegangan rendah pecah jadi gak bisa di baca berapa klodenya pada PCB nya tertulis IC 611 mohon pencerahan berapa kode ic tersebut terimakasih email saya ( wempy.experience@yahoo.co.id )

Anonymous said...

nanya gan,
aku ada proyektor benq MS500P jarang dipakai. sekarang kalo dihidupin, ada/tanpa source, nyala normal, cuman ada garis-garis vertikal berjajar, jaraknya seragam, warnanya hitam, gimana cara perbaikannya?

Unknown said...

Permisi Gan, mau tanya bila kondisi : Jika dinyalakan, Unit menyala, Indikator tombol menyala, LAMPU MENYALA, SINAR KELUAR, tapi gambar gak muncul, masalahnya dimana? saya pakai Infocus LP350, kalau rusak biaya service bisa habis berapa gan?

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

Perbaikan proyektor MS500P bisa dilakukan dengan repair DMD Board...

Lakukan Cleaning Overhaul engine untuk maintenancenya..

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

@Seagate:

perbaikan service Infocus LP350 bisa dilakukan dengan pengecekan mainboard pada input...

pasti bisa...

WISNU WARDHANA elc.com said...

klo aku punya toshiba setelah ganti cmdnya kgak bisa nyala power onnya kenapa ya gan !

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

@WISNU WARDHANA:

Dalam service proyektor Toshiba setelah pergantian DMD tidak bisa nyala, ini disebabkan oleh human error. Tindakan perbaikan bisa dilakukan sbb:
1. Cek konektor pada Mainboard-power supply-lamp ballast
2. pastikan kabel2 tersambung dengan bagus

Semoga bisa membantu

Anonymous said...

pak kalau ballast proyektor outputnya gak keluar apanya ya?
saya cek teg input ok. komponen ballast tidak ada yg pecah(masih mulus semua)teg photocoopler dari mesin oke, tapi lampu masih gak bisa nyala
kira-kira apanya trims.
bedun18@gmail.com

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

@ bedun@gmail.com
Untuk masalah service projector bisa dilakukan sbb:
1. Cek kondisi lampu proyektor (apa sudah habis umur, pecah, retak, berkapur, berkabut, dll...)
2. Cek sensor color wheel
3. Cek Fan blower dan power supply
4. cek mainboard secara maksimal

Harap memberitahukan type projectornya kepada kami secara detail untuk analisa lebih lanjut

Regards,

Anonymous said...

tanya :
gan saya punya projector merk ace yang lampunya rusak menurut perkiraan saya. saat saya bongkar untuk cek kerusakan komponen lainnya kemuadian saya kembalikan semula tapi saat saya tekan tombol power, lampunya tidak menyala (biasanya lampu power berwarna biru)..kenapa gan penyebabnya ? sdh q cek dan perasaan saya sudah benar untuk pasang kembali...terima kasih gan
yunus di surabaya..

Unknown said...

Proyektor HITACHI CP-RX94 pertama nyala gambar NORMAL,tapai lama2 pecah dan tampak seperti cairan dari lcd yg kena cahaya terlalu panas sampai cairannya tampak mencair kepinggir,, apa mungkin dari lampu yg semakin lama meninggi intensitas cahayannya(dari circuit ballastnya),, mohon pencerahaannya

Anonymous said...

Numpang tanya Gan....

saya punya Toshiba lcd projector model TLP-471 Z udah lama gk terpakai, setelah saya coba panasin bisa nyala, tapi cuman sinar doank...pada tombol MENU tdk berfungsiterus saya coba kasi input vedio dari DVD player juga gk respon dan Camera juga tdk bisa Gan...mohon solusinya...tqs smoga dgn adanya blog ini bisa menambah wawasan dan ilmu buat sdr2 kita gan... wassalan..Ramadhani

Unknown said...

gan boleh tanya sya punya infocus merk ben-q masalah nya di nyalain nyala 10 menit terus mati indikator lamp sama temp nyala kerusakan dari apa nya gan mohon pencerahan nya,,, tolong di bantu y gan...
Thanxs....

Unknown said...

gan sy punya infocus merk benq MP1515P kondisi nyala dapet 10 menit mati indikator lamp sama temp nyala,di nyalain g mau nyala mesti nunggu 5-10 menit bru mau nyala lagi itu pun kbel power harus di cabut dlu. mohon pencerahan nya biasa nya kerusakan pada apanya...
Thxns...........

Unknown said...

gan saya punya proyektor merek hitachi problemnya keluar warna kuning , itu kenapa gan ?makasih gan

SERVICE PROYEKTOR MEDAN said...

@ Cep Ghofur
service proyektor Benq dengan gejala premature alias nyala bentar langsung mati, bisa dilakukan dengan penggantian IC TOP pada masing2 power supply.

Anonymous said...

Gan, ane ada projector Acer x 1230 S. masalahnya adalah layar yg tersorot tidak penuh seperti yg di monitor laptop n ada garis2nya. kira2 apa masalahnya n cara penanganannya? Apa ada yang harus diganti?
Thanks a lot..

Anonymous said...

Ane punya proyektor Acer X 1230 S yg layar muncul ga penuh alias kepotong bagian ujung kanan n bawah. kira2 apa penyebab n pemecahannya? Thanks

Unknown said...

om master jual light tunnel untuk DLP Projektor Toshiba??? punya ane udah cacad....

Unknown said...

Master goldenvisual@ jual light tunnel toshiba gak??? punya ane sudah mau di ganti

Post a Comment

Facebook

 
Design by GOLDEN VISUAL Alamat: Jl. Mawar Raya no.153-A, Helvetia, Medan 20124 Telp: 061-75019693 Fax: 061-80025703 Email: golden_visual@yahoo.com