"Service Laptop: Cara Service Canon IP-Series Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus" "Service Laptop: Cara Service Canon IP-Series Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus" http://goldenvisual.blogspot.com

Friday, November 18, 2011

"Service Laptop: Cara Service Canon IP-Series Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus"

service proyektor medan



Posting sore hari ini kami akan mencoba membahas tentang Printer Canon iP1980dengan permasalahan Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus. Kasus ini sering terjadi pada printer canon pixma series, akan tetapi pada saat itu kami langsung terjun ke TKP dan langsung coba analisa dengan beberapa teknisi,,OK langsung saja kita lihat ke TKP.

Indikasi awal :
Hasil Print tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk ngeprint garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut hasil printnya yg berhasil kami abadikan :

Photobucket

Cara Service Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :

1. Bongkar canon IP1980 anda. Mohon maaf untuk panduan bongkar belum ada. Urutannya buka tutup samping kanan kiri dengan mendorong ke belakang, baru kemudian tutup bagian tengahnya.

2. Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :
Photobucket

3. Encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, tapi kami mencoba cara berikut yaitu dengan merendam encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta coba dibersihkan dengan kuku tangan. tapi jangan sampai baris kodenya hilang. Kalau sampai hilang berarti anda harus mencari encoder yg masih bagus.

Photobucket

4. Jadi penyakitnya adalah encoder yang kena cipratan tinta dan akibatnya hasil print jadi kacau dan tidak lurus, bahkan ada tulisan yang kelihatan patah seperti teriris.

5. Setelah langkah di atas dijalankan, Rakit kembali printer anda dan lakukan Cleaning head sekali untuk membersihkan sisa tinta di head printer.

Kasus ini tidak hanya khusus untuk IP1980 tapi bisa juga terjadi di canon type lainnya yang memiliki encoder sebagai penuntun Head Carriage untuk bergerak..
Selamat mencoba dan semoga Sukses





0 comments:

Post a Comment

Facebook

 
Design by GOLDEN VISUAL Alamat: Jl. Mawar Raya no.153-A, Helvetia, Medan 20124 Telp: 061-75019693 Fax: 061-80025703 Email: golden_visual@yahoo.com